Cara Membangun Relasi Bisnis Dengan Orang Lain
Cara Membangun Relasi Bisnis Dengan Orang Lain
Cara Membangun Relasi Bisnis Dengan Orang Lain

Kalian tahu tidak, kalau sebenarnya membangun hubungan atau relasi bisnis yang baik dengan orang lain merupakan suatu keterampilan, diamana keterampilan itu tidak banyak orang yang memiliki terutama dalam dunia bisnis, hanya ada sebagian orang saja yang bisa memiliki keterampilan ini

Tetapi anda jangan hawatir disini saya akan membahas secara tuntas bagaimana cara membangun hubungan atau relasi bisnis dengan orang lain lain secara singkat, padat dan lugas, tetapi pembahasan kali ini untuk bisnis ya, kalau kalian bukan pebisnis kalian juga bisa menerap ilmu ini di kehidupan sehari-hari anda.

Perlukah membangun hubungan positif dalam bisnis?

iya, karena hubungan yang positif dengan orang lain dan atau pelanggan kalian merupakan unit dasar setiap bisnis, agar bisnis anda berkembang, harus secara terus menerus memperluas dan memperbaiki jaringan hugungan dan kualitas hubungan dengan orang lain.

Tanpa sebuah hubungan yang positif, bisnis tidak mungkin berkembang, jelas sekali dalam dunia bisnis keterampilan bisnis ini sangat di butuhkan, terutama dalam beberapa bisnis seperti bisnis konsultan manajemen, akuntan, pengacara itu lebih banyak benrgantung pada hubungan pribadi  dengan para pelanggan mereka ketimbang bisnis lainya, pada waktu yang sama hubungan dengan orang lain akan menjadi penting untuk setiap bisnis.

Sebagai pribadi, karier anda berkembang seraya anda mempeluas dan memperbaiki jaringan hubungan anda dengan rekan kerja, managern pelanggan dan calon pelanggan anda, jika anda seorang manager proyek atau bekerja dalam suatu team lintas fungsional, anda mungkin mempunyai banyak tanggung jawab tetapi sedikit wewenang, anda baru dapat melakukan pekerjaan melauli berbagai hubungan denag orang lain dalam organisasi itu.

Pentingnya membangun hubungan dengan orang lain dalam bisnis

Membangun hubungan bisnis yang bertahan dengan orang lain sebenarnya adalah suatu keterampilan yang dapat di pelajari oleh siapa saja. ini menuntut suatu proses yang dapat anda kuasai sejak anda mengetahui secara naluri apa yang dibutuhkan dalam proses itu.

Jika hubungan itu kuat dan positif, anda dapat bekrja efektif dan jika hubunga itu tidak begitu baik atau lebih parah lagi, negatif anda akan selit melakukan tugas-tugas anda, sedangkan jika anda dapat memupuk dan memanfaatkan hubungan yang unggul dengan kontak-kontak bisnis untama para pelanggan, rekan kerja, dan manager hampir secara otomatis anda akan menjadi lebih sukses dalam kehidupan bisnis.

Begitu juga dengan hal sebaliknya apabila anda memiliki hubungan yang buruk dengan para pelanggan, rekan kerja, manager proyek maka kehidupan anda akan menderita, belum lagi kehidupan pribadi anda.

Cara membangun hubungan bisnis

Agar anda bisa membangun hubungan bisnis baik dengan orang lain, dalam dunia bisnis ada tiga poin penting dan proses yang harus anda lakukan yaitu :

  1. Memiliki cara berfikir yang benar
  2. Mengajukan pertanyaan
  3. Tunjukkan profosionalisme

1. Memiliki Cara Berfikir Yang Benar

Agar anda memiliki keterampilan relasi bisnis anda harus memiliki cara berfikir yang benar  adalah kalian harus berfikir bahwa hubungan itu penting. anda harus yakin bahwa dengan andalah orang-orang ingin menfadakan hubungan. mengapa mereka ingin? karena anda mempunyai pengalaman, pelatihan, ketrerampilan, kesanggupan pengetahuan yang mereka hargai.

Anda juga harus berfikir yang baik tentang orang lain dan belajar memikirkan sebanyak mungkin dari sudur pandang orang lain. artinya kalian tidak berfikir negatif kepada orang lain dan anda harus menghargai setiap pendapat orang lain

2. Ajukan Pertanyaan

Relasi bisnis akan berjalan mulus jika anda bisa mengajukan pertanyaan yang tepat dan benar, Mengajukan pertanyaan sebenarnya hal yang sangat relefan untuk membangun sebuah hubungan dengan orang lain, karena dari situ kita akan tahu apa-apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka tidak ketahui. anda harus mengajukan pertanyaan dengan baik dan dengan cara yang benar untuk mendapatkan alasan-alasan yang tepat.

Sasaran yang di tuju dengan bertanya adalah menemukan dasar bersama teman, minat, atau kepedulian yang sama. atau jika tidak ada dasar bersama yang jelas dan orang itu sangat memedulikan sesuatu yang tidak banyak anda ketahui, sasaran anda hendaklanya adalah belajar dari dia dari segala hal.

3. Tunjukkan Profosionalisme

Hal yang terpenting dalam membangun hubungan bisnis anda harus menunjukkan ke profosionalan di hadapan orang lain, ke integritasan, kepedulian, dan pengetahuan anda.  apabila waktunya tepat lakukanlah tindakan yang tak di duga-duga, tidak mahal dan bijaksana berdasarkan apa yang anda telah ketahui tentang orang itu.

Proses ini mungkin secara umum sederhana, tetapi membutuhkan pemikiran dan perhatian selama berminggu-minggu  atau bahkan berbulan-bulan untuk menerapkanya dengan tepat. Lantas kenapa kita harus repot-repot memperbaiki hubungan dengan orang lain ? kebenaran tidak menyenangkan yang tidak dapat di sangkal adalah kualitas hubungan pribadi dan profosional kita dalam banyak cara menentukan mutu kehidupan kita, apala lagi dalam dunia bisnis

Tentu saja bukan dalam semua cara, melainkan dalam banyak cara. semakin banyak kita memiliki hubungan pribadi yang profosional yang bermutu tinggi, semakin mudah kita menjual produk atau jasa, gagasan diri kita sendiri dan kehidupan kita cenderung beruntung, memuaskan dan berhasil. kemampuan untuk membangun relasi dengan orang lain tidak akan pernah ada ruginya malahan kalian akan mendapatkan keuntungan yang tidak terhingga, baik dalam dunia bisnis atau bukan

Penutup

Itulah tiga cara dan pengertian untuk membagun hubungan dengan orang lain, tiga itu saja sudah cukup menurut saya yang penting kalian bener-bener melaukakan proses itu dengan baik dan benar di jamin pasti dalam waktu singkat kalian akan banyak akrab dan banyak teman diamana-mana, kalian juga akan mudah menjual apaun jika anda sudah akrab dengan orang lain yaudah sampai disini dulu, semoga potingan ini bermanfaat. sampai jumpa di postingan saya berikutnya.

Cara Membangun Relasi Bisnis Dengan Orang Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Ada pertanyaan ?